Tips Merawat Kulit Berminyak

Kelenjar minyak yang terlalu aktif sehingga produksi minyak pada kulit menjadi berlebihan, adalah salah satu penyebab mengapa kulit seseorang berminyak. Faktor genetik, hormon, pola makan, udara dan gaya hidup seperti kebiasaan merokok adalah penyebab mengapa kulit kita berminyak. Ciri khas yang paling kelihatan yaitu berpori lebar sehingga cenderung mudah berjerawat dan tentu saja amat cepat berminyak, sehingga make up biasanya
tidak bertahan lama. Namun sisi baiknya, kerutan pada wajah ataupun figmentasi muncul lebih lambat seiring pertumbuhan usia dibandingkan jenis kulit lain, seperti kulit normal atau kering.

Berikut beberapa tips merawat kulit berminyak:

* Bersihkan wajah 2-3 x sehari dengan jenis busa pembersih bebas minyak (oil-free). Jika melakukan scrubbing,lakukanlah dengan lembut. Menekan dan menggosok-gosoknya dengan keras hanya akan membuat kulit teriritasi. Sediakan cleansing pad saat beraltifitas (tersedia di drug store) apabila Anda sudah harus membersihkan wajah namun tidak tersedia toilet umum di sekitar Anda.

* Jangan menggunakan produk pembersih hanya atas rekomendasi orang lain walau itu dari orang yang ahli sekalipun. Karena bila Anda sudah menemukan produk pembersih yang cocok dengan kulit, Anda tak perlu menggantinya lagi.

* Cuci muka dengan menggunakan air hangat. Air yang cenderung panas hanya akan megikis kadar kelembapan yang dibutuhkan oleh kulit. Sememtara air dingin akan mengejutkan kulit Anda.

* Hindari jenis pembersih wajah yang cenderung membuat kulit menjadi sangat kering. Kondisi ini hanya akan memicu kulit memproduksi lebih banyak minyak.

* Gunakan pelembap, lotion tabir surya dan produk make up oil-free, tidak menutup pori (non-comedogenic) dan mengandung AHA (Alpha-hydroxy acids) untuk mengangkat sel kulit mati.

* Kenakan masker dari pepaya yang sudah di-blender, diamkan selam 10 menit, lalu bilas bersih. Pepaya mengandung fruit acid/asam buah.

* Uapi wajah 1-2 x/minggu dengan air panas yang sudah ditetesi chamomile oil atau lavender oil untuk merilekskan kulit wajah.

* Kurangi asupan lemak dan minyak dalam makanan Anda, sebaliknya perkaya asupan sayur segar, buah dan biji-bijian.

* Pastikan kulit tidak terkena paparan sinar matahari yang berlebihan, karena sebenarnya panas yang berlebihan

akan merangsang kerja kelenjar minyak memproduksi lebih banyak minyak.

* Jangan lupa mengonsummsi suplemen vitamin B-complex, vitamin A, vitamin C, zinc and vitamin E.

Mencegah lebih baik dari pada mengobati! Kulit bermasalah yang berhasil diatasi pada umumnya tidak akan kembali kondisinya seperti di awal. Karena itu, merawat kulit secara teratur dan benar sangatlah dianjurkan Berikut 5 langkah untuk Anda guna mendapatkan kulit sehat dan indah.

Tip 1. Lakukan Dry Brush Exfoliation.

Lakukan Dry Brush Exfoliation setiap pagi ketika Anda mandi, ketika tubuh dalam keadaan kering. Exfoliation atau pengelupasan kulit berfungsi mengangkat sel kulit mati sekaligus mengeluarkan racun-racun dari tubuh. Dengan gerakan menyikat, gesekan yang dihasilkan antara sikat dan kulit akan menghasilkan efek seperti dipijat, sehingga sirkulasi darah menjadi lancar. Anda hanya memerlukan sikat khusus untuk badan / loofah untuk melakukan hal ini.

Tip 2. Pastikan Sistem Pembuangan Baik.

Kulit yang sehat akan diperoleh jika sistem pembuangan tubuh baik, yaitu seperti berkeringat maupun buang air kecil/besar. Mereka yang memiliki masalah kulit seperti jerawat, rosacea (kulit kemerahan karena saluran darah yang melebar) antara lain bisa dipastikan karena sistem pembuangannya tidak lancar atau baik.

Masalah ini bisa muncul antara lain karena :

* Kurang asupan air dalam tubuh. Kandungan air dalam sel kulit akan membantu memperlancar pembuangan zat-zat yang tidak diperlukan oleh tubuh.

* Tidak cukup serat. Menurut sebuat penelitian yang dilakukan olehi National Academy of Sciences Food and Nutrition Board di Amerika, rata-rata orang hanya mengkonsumsi serat 12 g sehari, padahal pria dewasa usia 19-50 tahun disarankan untuk mengonsumsi serat 38 g sehari dan pria di atas 50 tahun mengkonsumsi serat 31 g sehari. Sementara perempuan dewasa usia 19 – 50 tahun, kebutuhan seratnya adalah sejumlah 25 g sehari dan untuk usia di atas 50 tahun, 21 g sehari.

Tip 3. Bergeraklah

Bergerak adalah salah satu hal yang penting untuk kesehatan. Jika Anda bekerja di belakang meja, imbangi hal ini dengan berolahraga teratur. Jarang bergerak atau berolahraga bisa menimbulkan timbulnya gangguan kulit seperti jerawat maupun selulit. Jika Anda masih belum menjalankannya, mulailah berolahraga sekarang juga. Olahraga tidak harus keluar rumah, Anda bisa melakukan stretching atau skipping.

Tip 4. Konsumsi Lemak Tak Jenuh

Ada beberapa lemak penting bagi tubuh karena manfaatnya bagi pembentukan membran sel, hormon, dan kimia tubuh. Lemak tak jenuh (lemak baik) membuat jantung Anda tetap sehat dan terhindar dari penyakit kanker. Ikan laut seperti sardin daan ikan salmon adalah contoh makanan yang mengandung sumber lemak baik.

Satu Tanggapan to “Tips Merawat Kulit Berminyak”

  1. ady7x Says:

    Siiip maksih iaaaaa ……

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: