Mata Silinder / Silindris (Cylinder)

Tanya
Kenapa setiap orang yang aku ceritain kalau aku harus pakai kaca mata silinder, memberi ekspresi seakan itu jelek sekali, maksudku, dibandingkan dengan mata minus mata silinder itu lebih parah, memang penjelasan medisnya gimana? Lalu ada 2 orang di rumahku yang matanya minus, tapi sudah lama tidak pakai kaca mata, minusnya malah berkurang, apa benar bisa? Tapi kalau mata silinder katanya tidak mungkin berkurang? [Dn]

Jawab
Soal mata silinder tidak mungkin berkurang, setahuku memang begitu. Cuma penjelasan secara medisnya aku tidak tahu. Aku juga minus dan
silinder dari pertama pakai (SMP) tidak pernah berkurang, malah nambah terus, tapi minus dan silindernya tidak sama besarnya.[Er]

Aku matanya minus, dulu selalu aku pakai kacamata, malah naik  jadi 1,5 dari 1, sekarang aku pakai kalau meeting di kantor saja, sudah 7 tahun ini tidak naik-naik minusnya. Katanya kalau kacamata dipakai malah matanya cepet lelah, jadi ada kecenderungan minusnya naik, sejak denger itu aku tidak pakai kalau tidak perlu sekali. Tapi penjelasan ilmiahnya tidak mengerti juga, karena ada temanku malah minusnya naik kalau kacamatanya tidak dipakai. Mungkin tergantung bawaan orang dan matanya kali ya. [Ik]

Kelainan refraksi ada beberapa macam :
– myopia : jatuhnya bayangan di depan retina, karena titik fokus mata ada di belakang, perlu dikoreksi dengan lensa negatif (divergen). Benda yang dekat dapat terlihat jelas, benda yang jauh akan terlihat kabur.
– hyperopia : titik fokus mata ada terlalu pendek, bayangan jatuhnya dibelakang titik fokus, dikoreksi dengan lensa positif.
– astigmatisma : untuk mudahnya permukaan kornea bentuknya tidak rata, jadi bayangan yang masuk bisa berbeda letaknya. Pemeriksaannya dengan melihat juring (cmiiw) lingkaran, dan dilihat pada derajat mana garis tersebut terlihat tidak jelas.
– presbyopia : mata yang sudah tua, lensa mata tidak begitu elastis lagi untuk berakomodasi, untuk melihat dengan jarak dekat, harus dibantu dengan lensa positif. Pada mata yang minus (myopia) justru terjadi perbaikan pada penglihatannya (minusnya berkurang) Saya juga mulai pakai kacamata sejak tahun 1979, pada saat itu mata saya minus ½ – ¼, 3 tahun berikutnya jadi ½ – ½, sempat naik lagi sampai minus 3/4 tetapi akhirnya turun lagi jadi ½ – ½. Sejak 1990, sampai sekarang, saya lepaskan kacamata saya.[Sn]

Aku dulu silindris 0.5 selama 3 tahun, pernah melonjak jadi 1. Alhamdulillah setahun yang lalu tiba² hilang. Kata dokterku mata minus itu bisa berkurang dengan semakin bertambahnya umur kita. Jadi aku lagi menanti kapan minus 5,5-ku ini akan jadi normal. Tapi biasanya hanya bertahan sebentar, setelah itu langsung plus. Kalau mata minus tidak pakai kacamata lalu berkurang minusnya, aku tidak mengerti, tapi yang pasti kalau mata minus harus dibiasakan pakai kacamata, kalau tidak kasihan matanya terbeban untuk selalu fokus. [Di]

Kalau aku dulu minus dan silinder 6 dari sejak SD, lalu waktu kerja aku laser, mumpung dibayarin kantor, sekarang sudah hampir dua tahun dilaser, alhamdulillah masih kosong minusnya maupun silindernya, coba pakai laser. [Rr]

Kalau silindris memang sebaiknya pakai. Rasanya gimana kalau kacamatanya dilepas, merasa terganggu tidak? Saya cuek saja, daripada sebel pakai kacamata, mendingan lepas sekalian. Apalagi minus saya masih kecil, seandainya tidak pakai kacamata, tidak terlalu mengganggu.  tapi ini untuk saya pribadi, jadi boleh bandel. Kalau untuk orang lain, seharusnya memang anjurannya pakai kacamata. Anjuran dokter mata, pokoknya kalau sudah ada kelainan, harus pakai kacamata. Untuk pertanyaan: apa sebaiknya aku tidak pakai kaca mata saja? Setelah 12 tahun tidak pakai kacamata, rasanya mata saya tidak bermasalah, mudah-mudahan memang minusnya habis karena jadi positif. Paling- paling, 10 tahun lagi saya harus pakai kacamata baca. [Sn]

Selama aku bisa menjalankan semua kegiatan dengan baik tanpa kacamata, aku tidak mau pakai kacamata. Kebetulan tanpa kacamata, aku tidak merasa pusing. Nyetir juga masih kelihatan. Kalau ikutan seminar, masih bisa baca walaupun duduknya tidak terlalu di depan. Apalagi aku merasa tersiksa kalau pakai kacamata. Dulu saya pakai kacamata hanya kalau pergi ke luar rumah. Di dalam rumah saya tidak pernah pakai, termasuk juga untuk nonton TV atau main komputer. Mamaku ada silinder, kalau tidak pakai kacamata sering jatuh karena jalannya kelihatannya tidak rata. Kalau aku seperti mamaku, terpaksa aku pakai. Kalau mau ikutan bandel, dicoba dulu pakai kacamatanya. Kalau dengan pakai kacamata semua keluhan hilang mendingan pakai.[Sn]

2 Tanggapan to “Mata Silinder / Silindris (Cylinder)”

  1. bandit MLM Says:

    ady……ady…..ady…….nulis apaan sih lo?????
    sekolah lagi deh sono

  2. franklin dictionaries uk Says:

    Very nice post. I simply stumbled upon your weblog and wished to
    mention that I’ve really enjoyed surfing around your blog posts. In any case I’ll be
    subscribing for your rss feed and I hope you write again soon!
    Mata Silinder / Silindris (Cylinder) | Ady7x’s Weblog

Tinggalkan Balasan

